3 Tips Merawat Bayi 4 Bulan

By | October 23, 2017

Merawat bayi bagi sebagian ibu-ibu adalah hal yang cukup mudah terutama yang sudah beberapa kali mempunyai aanak. Namun tidak sedikit seorang ibu yang merasakan kesulitan dan juga mengalami kebingungan ketika mempunyai bayi, apalagi ibu tersebut baru pertama kali mempunyai seorang anak.

Seorang ibu sebaiknya mempunyai pengetahuan yang cukup tentang perkembangan bayi 4 bulan yang baik dan aman.

Pengetahuan tersebut bisa dicari dari berbagai informasi, baik itu dengan bertanya langsung kepada orang tua, teman atau saudara yang tentunya sudah terlebih dahulu mengalami merawat bayi. Meskipun demikian terkadang setiap ibu mempunyai caranya masing-masing dalam hal merawat bayi.

Bayi yang baru lahir akan sangat rentann mengalami gangguan, oleh sebab itu diperlukan seorang ibu yang sudah siap dan juga telaten untuk bisa merawat bayinya supaya keamanan dan keselamatannya tetap terjaga.

Dibawah ini ada beberapa nasihat dari orang tua dahulu yang bisa menjadi referensi bagi anda dalam perawatan bayi anda :

 

  • Memahami bayi saat menangis

 

Salah satu tanda yang diberikan oleh bayi saat dirinya membutuhkan sesuatu termasuk makanan adalah dengan menangis. Hyal ini dikarenakan bayi belum bisa berbicara sehingga segala y6ang dia rasakan termasuk rasa lapar akan ditandai dengan menangis. Selain rasa l;apar biasanya bayi juga merasakan ketidaknyamanan saat popoknya sudah penuh atau basah.

3 Tips Merawat Bayi 4 Bulan

Seorang ibu harus penuh pengertian kepada bayinya yang sedang menangis karena banyak hal yang menjadi penyebab bayi tersebut menangis selain rasa lapar dan ketidaknyamanan. Apabila seorang ibu dapat sigap dan memahami apa yang diinginkan bayi tenti si bayi akan merasakan kenyamanan dan merasa dicintai

 

  • Jaga ketenangan bayi saat tidur

 

Seorang ibu harus bisa menjaga ketenangan bayi saat tidur agar tidak menganggu waktu tidurnya. Menurut para ahli, ketika bayi berada didalam kandungan sebeanrnya bayi bisa mendengar apa yang ada di sekitarnya apalagi suara-suara yang bising.

 

  • Berikan bayi anda jadwal makan yang ketat

 

Dulu ada mitos yang berkembang dimasyarakat untuk memberikan makan kepada bayinya 4 jam setelah dibawa pulang dari klinik atau rumah sakit tempatnya melahirkan. Padahal justrus memberikan makan kepada bayi dengan menunggu bayi tersebut merasa lapar justru akan mengganggu kehatan bayi karena bisa menyebabkan resiko terkena infeksi usus.

Oleh sebab itu biasakan memberi makan kepada bayi di waktu-waktu yang telah ditentukan. Namun, sebagai Ibu yang harus tau tips cantik dan mengetahui jadwal yang tepat untuk anda memberikan makanan kepada bayi anda baik itu saat bayi menangis atau saat waktu makannya sudah tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *