Cara Ampuh Hemat Listrik Prabayar

By | February 8, 2018

Listrik prabayar atau instalasi listrik yang menggunakan pulsa token saat ini sudah mulai digalakkan oleh pemerintah. Berbeda dengan instalasi listrik yang seperti biasa, jika Anda menggunakan listrik token caranya seperti mengisi pulsa untuk telepon genggam Anda kemudian baru bisa digunakan.

 

Jadi tidak ada tagihan listrik setiap bulannya yang ditujukan untuk Anda.

 

Semua tergantung berapa jumlah uang yang Anda isi untuk listrik di rumah Anda. Listrik prabayar ini dianggap oleh pemerintah dapat menghemat pengeluaran Anda. Namun, jika dari diri Anda sendiri tidak melakukan penghematan, maka hal itu tidak dapat terjadi. Karenanya, dari diri masing-masing harus bisa melakukan berbagai cara untuk bisa menghemat listrik.

Cara Ampuh Hemat Listrik Prabayar

Yuk, ikuti cara-caranya di bawah ini.

 

  1. Cabut Kabel yang Tidak Digunakan

Ternyata, tanpa Anda sadari kabel peralatan listrik yang masih terhubung pada stopkontak merupakan salah satu penyebab penggunaan daya listrik di rumah jadi boros.

Hal ini disebabkan karena kabel peralatan listrik tersebut tetap mengonsumsi listrik selama Anda tidak mencabutnya, meski memang tidak sebanyak ketika digunakan seperti biasa.

Biasakan untuk mencabut ketika sudah tidak digunakan lagi.

Solusi lain adalah dengan menggunakan sambungan yang bisa Anda atur on dan off-nya sehingga Anda tinggal mematikan atau menyalakan saklar tanpa perlu mencabutnya yang bisa Anda beli di tukang listrik terdekat. Berawal dari hal sepele nan sederhana ini, Anda dapat menghemat dengan efektif, loh!

 

  1. Lakukan Sekaligus

Demi alasan efektivitas dan penghematan listrik, Anda memang harus bisa melakukan beberapa hal sekaligus. Salah satunya adalah dengan menyetrika beberapa pakaian secara sekaligus.

Jika Anda saat menyetrika hanya beberapa pakaian dengan jumlah yang sedikit, maka listriknya akan jadi boros.

Karena itu lakukanlah setiap satu minggu sekali atau dua kali dengan jumlah yang lebih banyak agar listrik yang digunakan juga lebih sedikit.  Hal ini disebabkan karena jika Anda menyetrika setiap hari, maka setiap hari jua Anda mencolok dan mencabut ke aliran listrik.

Pada saat Anda mencolok, konsumsi listrik sangat besar. Bayangkan jika Anda melakukan hal itu setiap hari, berapa banyak listrik yang dikonsumsi?

 

  1. Keringkan Tanpa Mesin Cuci

Jika cuaca di luar memungkinkan, maka lebih baik keringkan saja dengan memanfaatkan panas matahari dan angin dari alam.

Apalagi ketika cuaca sedang terik-teriknya, maka pakaian pun akan lebih cepat kering. Dengan menggunakan pengering dari mesin cuci, maka Anda mendukung gerakan pemborosan listrik di rumah. Namun, lain halnya ketika musim hujan tiba.

Jika menjemur pakaian di luar kemudian tiba-tiba turun hujan juga jadinya tidak efektif. Karena itu, lebih baik gunakan pengering di mesin cuci saja.

Tetapi perlu diperhatikan untuk jumlah pakaian yang masuk ke dalam mesin cuci jangan sampai berlebihan karena akan membuat mesin cuci akan bekerja keras dan malah bisa terjadi kerusakan.

 

  1. Kontrol Penggunaan AC

Hampir semua peralatan elektronik memang harus dikontrol penggunaannya. Tidak hanya pengering mesin cuci yang harus dikontrol penggunaannya, AC juga perlu dikontrol. Udara yang panas tentu tidak bersahabat dan membuat jadi gerah, karena itulah Anda memasang AC di rumah.

Tetapi tidak perlu Anda nyalakan terus-menerus setiap hari.

Nyalakanlah seperlunya, ketika siang hari dan udara terasa begitu terik, maka nyalakanlah agar udara terasa lebih sejuk.

Sama juga ketika malam hari, lebih baik Anda pasang timer agar bisa mati setelah beberapa jam dinyalakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *