Keutamaan Sapi untuk Kurban

By | July 20, 2017

Setiap tahunnya tepat setelah solat Idul Adha umat muslim akan mengadakan acara kurban atau penyembelihan hewan kurban.

Hewan kurban yang biasa digunakan adalah sapi, kerbau, kambing, atau unta. Kurban ini dilaksanakan sebagai bentuk dari rasa pengorbanan dan rasa syukur setiap umat kepada Allah SWT.

Dari berbagai hewan yang biasa digunakan untuk kurban, sapi untuk kurban merupakan yang paling banyak digunakan.

Meskipun sebenarnya sapi sangat mahal, namun tetap saja setiap tahunnya sapi merupakan yang paling diminati karena dapat menghasilkan daging yang banyak.

Oleh karena setiap tahun sapi paling banyak digunakan untuk kurban, maka harga sapi setiap tahunnya juga akan selalu meningkat.

Keutamaan Sapi untuk Kurban

Hewan yang digunakan untuk berkurban merupakan hewan yang dengan kondisi sehat. Sekarang ini, banyak adanya pembelian hewan kurban secara online.

Meskipun memang dirasa cukup memudahkan namun tetap saja kita tidak bisa mengecek keadaan hewan tersebut. Apakah hewan tersebut dalam keadaan baik atau tidak, apakah hewan tersebut benar-benar besar atau tidak.

Sehingga akan lebih baik jika membeli hewan kurban langsung, karena jika sampai membeli hewan kurban yang kondisinya tidak baik akan menjadi tidak sah di mata Allah SWT.

Oleh karena itu dalam memilih sapi untuk kurban ini haruslah sangat berhati-hati.

 

Sapi untuk kurban memang sangat diminati oleh kebanyakan orang, karena sapi mempunyai beberapa keuntungan dibandingkan dengan hewan kurban lainnya.

Meskipun harga sapi sangatlah mahal dibanding yang lain, namun sapi merupakan hewan yang lebih besar dan pastinya mempunyai daging yang sangat banyak.

Begitu juga dengan dagingnya yang dianggap lebih sehat dan lebih enak karena orang terkadang ada yang tidak menyukai daging kambing karena baunya.

Karena sapi merupakan hewan yang cukup besar sehingga jika kita berkurban dengan seekor sapi itu artinya sama seperti berkurban dengan 7 ekor kambing.

Dengan berkurban maka kita sama halnya dengan menabung untuk hari akhir. Kelak amal kita dalam berkurban ini akan menjadi penyelamat ketika di akhirat nanti.

Oleh karena itu jika kita setiap tahun berkurban maka amalan kita akan semakin banyak.

 

Sebenarnya berkurban tidak harus dengan hewan kurban yang harganya mahal, karena mahal tidaknya tidak akan ada bedanya di mata Allah SWT.

Rezeki kita berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah, sehingga jika kita rela berkurban dan memberikan sebagian besar daging kurban kepada yang lebih membutuhkan maka akan lebih baik lagi.

Sapi untuk kurban yang sering digunakan memang cukup mahal, tergantung dari ukuran dan berat badan sapi.

Jika kita membeli sapi untuk hewan kurban ini, maka akan lebih baik jika kita juga ikut menyembelih dan membagikan dagingnya, karena Allah akan sangat mencintai hambanya yang rela menghabiskan sebagian hartanya untuk kepentingan agama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *