Panduan Berlibur ke Kota Tua nan Cantik, Prague Praha

By | September 27, 2017

 

 Panduan Berlibur ke Kota Tua nan Cantik, Prague Praha

Source : pixabay

Praha sebagai Ibu kota dari Republik Ceko merupakan sebuah kota kosmopolitan yang masih menjaga bangunan-bangunan kunonya. Atap-atap bangunannya senada menggunakan berwarna orange kecoklat-coklatan bergaya gothic dengan arsitektur Baroque  . Kota yang banyak melahirkan seniman hebat, sutradara film, dan model ini telah dicatat ke dalam salah satu Daftar Warisan Alam dan Budaya Dunia oleh UNESCO pada 1992. Nah, jika kamu masih memiliki Visa Schengen yang masih berlaku, Praha bisa dijadikan destinasi untuk liburan akhir tahun. Sambil menyiapkan keuangan, kamu bisa cek terlebih dulu harga penerbangan di reservasi.com, dan pelajari panduan ketika berlibur ke Praha, seperti berikut ini:

 

  1. Membuat Visa Schengen

Jika Visa Schengen kamu masih berlaku, setelah mengetahui harga tiket dari ke Ceko dari Reservasi.com kamu bisa mengatur tanggal, membayar kemudian berangkat. Namun, jika belum memiliki Visa Schengen kamu harus terlebih dulu membuatnya. Jadi, dengan Visa Schengen kamu dapat mengelilingi langsung negara-negara yang masuk di dalamnya hanya dengan satu Visa termasuk negara-negara yang ada di Benua Eropa. Jika kamu paling lama berada di Ceko atau negara awal yang akan didatangi adalah Ceko, maka kamu harus membuatnya di Kedutaan Republik Ceko. Pastikan kamu telah mengisi formulir dan menyiapkan persyaratan yang diperlukan. Kamu bisa mengeceknya langsung di website Kedutaan Republik Ceko. 2017 ini biaya pembuatan Visa Schengen berkisar Rp1.260.000,-

 

  1. Pilih Penerbangan Batu Loncatan

Setelah disetujui, barulah mencari dan membayar penerbangan murah ke Republik Ceko. Rata-rata harga tiket Jakarta – Ceko pulang pergi Rp11.000.000 hingga Rp16.000.000. Lebih murah, belilah tiket saat low season di antaranya bulan Februari, Maret, September dan Oktober. Kemudian, pilihlah hari keberangkatan dan pulang saat hari kerja. Ada beberapa traveler blogger yang pernah mencoba tidak langsung memilih pesawat Jakarta-Prague, melainkan ke Paris terlebih dulu. Harganya pun dilihat di reservasi.com memang jauh berbeda selisih hingga Rp3.000.000,- Lumayan bukan perbedaanya! Setibanya di Prague, dilanjutkan kembali dengan pesawat Easy Jet dengan tarif Rp1.100.000 per orang. Selain dari segi biaya lebih murah, kamu un dapat mengefisiensikan waktu karena datang lebih cepat dan menghemat tenaga.

 

  1. Sesuaikan Jenis Penginapan

Harga hotel, hostel ataupun apartemen di Republik Ceko mulai dari Rp150.000 hingga jutaan rupiah per malam. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum membayar hotel di antaranya: berapa bujet yang dimiliki, objek wisata mana yang akan dikunjungi, keamanan, dan terpenting lokasinya strategis dekat ke berbagai objek wisata ataupun stasiun kereta api. Hal ini untuk mensiasati jika kamu tidak bisa memesan hotel di tengah kota karena keterbatasan dana. Sehingga dengan kereta api kamu bisa fleksibel pergi ke mana saja. Namun, jika kamu ingin sekaligus berlibur di hotel Prague, cobalah hotel dengan konsep unik di Ceko seperti One Room Hotel. Hotel di Ceko tersebut hanya ada satu kamar eksklusif dan berada di atas ketinggian 70 meter dari dasar tanah.

 

 

  1. Selektif Memilih Transportasi dalam Kota

Setiap sudut di Kota Praha merupakan spot cantik untuk berfoto. Jadi, sangat sayang jika dilewatkan. Jika di Indonesia kamu jarang untuk berjalan kaki, cobalah untuk tidak terlalu mengandalkan kendaraan jika jaraknya dekat. Apalagi objek wisata satu dan yang lain di Prague tergolong dekat. Namun, jika benar-benar mendesak kamu bisa memilih menggunakan transportasi umum ataupun online. Saat memilih menggunakan taksi, pastikan taksi yang dipilih sudah berlisensi. Rata-rata dalam kota biaya yang dikeluarkan 140 CZK hingga 200 CZK atau dikonversikan ke Rupiah yakni Rp85.216 hingga Rp121.736. Transportasi online seperti Uber pun banyak digunakan oleh para wisatawan karena harganya lebih murah. Beda lagi jika kamu akan lebih banyak menggunakan kereta api. Setelah mendapatkan penerbangan murah ke Republik Ceko sebaiknya kamu melakukan reservasi minimal 60 hari sebelum keberangkatan untuk memesan tiket kereta api Ceko atau bisa langsung mendatangi Stasiun Kereta Api Ceko yang berada di ruang bawah tanah ataupun gerai-gerai yang bisa menerimanya.

 

  1. Jelajah Hemat

Lokasi objek wisata di Ceko tergolong dekat satu sama lainnya. Sehingga kamu dapat menghemat anggaran transportasi. Selain pergi ke objek wisata berbayar, kamu bisa melihat sisi lain dari Republik Ceko misalkan dengan berbelanja di pasar lokal yakni pasar Navlapka yang berada di tepi sungai dan duduk santai di taman. Taman di Ceko terkenal akan tata letaknya sehingga banyak anak muda saat Sabtu malam memadati taman-taman. Belum ke Ceko jika tidak mengunjungi Charles Bridge, jembatan yang sudah berusia ratusan tahun ini tetap ramai dikunjungi berbagai wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *