Wisata Ujung Kulon, Perjalanan ke Taman Nasional Banten Terpopuler

By | November 28, 2017

Destinasi wisata Ujung Kulon menghadirkan pengalaman perjalanan yang unik dan berbeda. Objek wisata Banten yang satu ini laksana terisolir dari riuh sesak kehidupan kota. Sejak tahun 1992, Taman Nasional Ujung Kulon ini telah dinyatakan sebagai Warisan Dunia (World Heritage) oleh UNESCO.

Wisata Ujung Kulon, Perjalanan ke Taman Nasional Banten Terpopuler

Di sinilah tempat konservasi satwa badak bercula satu, hewan langka yang dilindungi negara.

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon secara administratif masuk ke dalam dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Sumur. Kedua kecamatan ini adalah bagian wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten. Di Banten, destinasi wisata favorit lainnya di antaranya adalah Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pulau Umang.

Keadaan alam yang begitu murni dapat Anda temukan di kawasan wisata Ujung Kulon ini. Satu-satunya sumber tenaga listrik di sana hanya ada di Pulau Peucang. Inilah sebab Anda akan kesulitan menggunakan perangkat elektronik di kawasan ini, termasuk alat komunikasi.

Taman Nasional Ujung Kulon menawarkan pesona alam unik yang jarang ditemukan di tempat lainnya. Aneka keunikan dan keindahan alam dapat Anda temukan, mulai dari air terjun, sungai, pantai berpasir putih, taman laut, hingga sumber air panas.

Tak kurang dari itu, flora dan faunanya mampu memberikan pengalaman wisata yang menarik. Anda dapat menyaksikan ikan Glodok yang mampu memanjat akar dari pohon bakau atau ikan Sumpit yang dapat menyemprotkan air hingga satu meter di atas permukaan air.

Sebagai sebuah kawasan yang dilindungi, tentu saja Anda harus mematuhi aturanyang berlaku di areal wisata Ujung Kulon ini. Beberapa di antaranya, misalnya Anda dilarang untuk membawa benih tanaman, bahan kimia, senjata api, maupun binatang peliharaan. Termasuk juga larangan untuk menangkap dan berburu binatang atau menebang pohon.

Spot Menarik Wisata Ujung Kulon
Ada banyak tempat wisata Ujung Kulon yang menarik dan patut dikunjungi. Secara umum, suguhan alam di sana mampu membawa rasa betah untuk berlama-lama menjelajahinya.

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang adalah tempat relaksasi yang menarik bagi Anda yang menginginkan kedamaian dan jauh dari rutinitas yang membuat penat. Sebagi sebuah destinasi wisata di Ujung Kulon, pulau ini sudah memiliki fasilitas dan infrastruktur yang memadai.

Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mengagumkan di sana, juga pantai dan alam bawah lautnya. Salah satu kegiatan wisata yang populer di Pulau Peucang adalah aktivitas diving dan snorkeling. Anda juga dapat menjumpai karang mati berukuran besar dan berlubang di sana, yakni karang Copong yang terletak di bagian utara pulau tersebut.

2. Kepulauan Handeuleum

Kepulauan Handeuleum terdiri dari pulau besar dan kecil. Di sana, terdapat sebuah sungai bernama Cigenter. Anda dapat menyusuri sungai tersebut menggunakan perahu dayung kecil (kano). Aneka spesies satwa dapat Anda saksikan di sepanjang perjalanan, seperti burung, ular, dan beragam jenis ikan.

Objek wisata Ujung Kulon ini juga menyuguhkan keindahan air terjun bertingkat yang menarik. Selain berdayung menyusuri sungai Cigenter, Anda dapat pergi mengunjungi pulau-pulau lainnya, seperti Handeuleum Besar, Handeuleum Kecil, Handeuleum Tengah, dan Pulau Kalong.

3. Pulau Panaitan

Jika Anda pecinta olahraga air, berkunjung ke Pulau Panaitan di Ujung Kulon adalah salah satu yang menarik. Pulau ini terletak di Barat Laut Pulau Peucang.

Pada umumnya, aktivitas populer yang dilakukan wisatawan di kawasan wisata Ujung Kulon yang satu ini adalah berselancar. Ombak bagus untuk berselancar di sini dinamakan sebagai “one palm point”, terkenal di kalangan para penikmat surfing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *